Mengejar Heard Immunity

Sabtu, 17 Juli 2021, vaksinasi utk peserta didik kelas XI dan XII dilakukan

Pertengahan bulan Juli lalu peserta didik SMA Sumbangsih melakukan vaksinasi covid 19 dosis pertama. Hal tersebut dilakukandiluar jam belajar aktif hari Senin-Jumat. Untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 ini dilakukan vaksinasi untuk usia 12-18 tahun. Vaksinasi digelar di kantor pusat Medco.

pelaksanaan program vaksinasi sesuai juga dengan instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo, menurutnya Vaksinasi untuk pelajar juga mengejar angka kekebalan komunitas (Herd Immunity). Mengutip Kontan.co.id, Jokowi berharap kekebalan komunal segera tercapai sehingga Indonesia dapat bebas dari wabah covid-19. Konsep kekebalan komunal atau Herd Immunity dapat terjadi jika jumlah warga negara yang sudah di vaksin menyentuh angka 181 juta orang.

Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Pada Proses vaksinasi pelajar SMA Sumbangsih, juga terdapat beberapa orang siswa yang belum dapat di vaksinasi karena terpapar covid 19. salah satunya dari kelas XII IPS. untuk bisa divaksinasi dosis pertama, seseorang yang pernah terpapar virus harus dinyatakan sembuh, kemudian menunggu hingga tiga bulan. Pertemuan Tatap Muka merupakan sebuah keniscayaan apabila angka vaksinasi civitas akademika SMA Sumbangsih sudah mencapai 90%.